Posted By Admin Posted On

Sepeda

Sepeda, juga disebut sepeda atau siklus,

adalah kendaraan bertenaga manusia atau bertenaga motor, digerakkan oleh pedal, satu jalur, memiliki dua roda yang melekat pada bingkai, satu di belakang yang lain. Pengendara sepeda disebut pengendara sepeda, atau pengendara sepeda.

Sepeda diperkenalkan pada abad ke-19 di Eropa, dan pada awal abad ke-21, lebih dari 1 miliar telah ada.

Jumlah ini jauh melebihi jumlah mobil, baik secara total maupun berdasarkan jumlah model individu yang diproduksi. Mereka adalah alat transportasi utama di banyak daerah. Mereka juga menyediakan bentuk rekreasi yang populer, dan telah diadaptasi untuk digunakan sebagai mainan anak-anak, kebugaran umum, aplikasi militer dan polisi, layanan kurir, balap sepeda, dan aksi sepeda.

Bentuk dan konfigurasi dasar dari sepeda tegak atau “sepeda pengaman” yang khas, tidak banyak berubah sejak model penggerak rantai pertama dikembangkan sekitar tahun 1885.

Namun, banyak detail telah diperbaiki, terutama sejak munculnya material modern dan desain berbantuan komputer. Ini telah memungkinkan berkembangnya desain khusus untuk banyak jenis bersepeda.

Penemuan sepeda memiliki pengaruh yang sangat besar pada masyarakat, baik dari segi budaya maupun kemajuan metode industri modern. Beberapa komponen yang akhirnya memainkan peran kunci dalam pengembangan mobil pada awalnya diciptakan untuk digunakan di sepeda, termasuk bantalan bola, ban pneumatik, sprocket yang digerakkan oleh rantai, dan roda berjari-jari.

Meskipun sepeda dan sepeda digunakan secara bergantian untuk merujuk sebagian besar ke dua jenis kendaraan roda dua, istilahnya masih bervariasi di seluruh dunia. Di India misalnya, siklus hanya mengacu pada kendaraan roda dua yang menggunakan tenaga pedal, sedangkan istilah sepeda digunakan untuk menggambarkan kendaraan roda dua yang menggunakan mesin pembakaran dalam atau motor listrik sebagai sumber tenaga penggerak, bukan sepeda motor/sepeda motor.

See also  Sikap itu penting dalam pergaulan

Kata sepeda pertama kali muncul dalam bahasa Inggris cetak di The Daily News pada tahun 1868, untuk menggambarkan “Bysicles and trysicles” di “Champs Elysées dan Bois de Boulogne”. Kata ini pertama kali digunakan pada tahun 1847 dalam sebuah publikasi Prancis untuk menggambarkan kendaraan roda dua yang tidak dikenal, mungkin sebuah kereta. Desain sepeda adalah kemajuan pada velocipede, meskipun kata-kata itu digunakan dengan beberapa tingkat tumpang tindih untuk sementara waktu.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.