Posted By Admin Posted On

Sejarah Sepeda

Sejarah Sepeda

“Dandy horse”, juga disebut Draisienne atau Laufmaschine, adalah alat transportasi manusia pertama yang hanya menggunakan dua roda secara bersamaan dan ditemukan oleh Baron Karl von Drais dari Jerman. Ini dianggap sebagai sepeda pertama, tetapi tidak memiliki pedal; Drais memperkenalkannya kepada publik di Mannheim pada tahun 1817 dan di Paris pada tahun 1818. Pengendaranya duduk di atas bingkai kayu yang ditopang oleh dua roda sejajar dan mendorong kendaraan dengan kakinya sambil menyetir roda depan.

Kendaraan beroda dua yang digerakkan secara mekanis pertama mungkin dibuat oleh Kirkpatrick MacMillan, seorang pandai besi Skotlandia, pada tahun 1839, meskipun klaim tersebut sering diperdebatkan.

Dia juga dikaitkan dengan contoh pelanggaran lalu lintas bersepeda pertama yang tercatat, ketika sebuah surat kabar Glasgow pada tahun 1842 melaporkan sebuah kecelakaan di mana seorang “pria dari Dumfries-shire… mengendarai sebuah velocipede… dari desain yang cerdik” menabrak sebuah gadis kecil di Glasgow dan didenda lima shilling.

Pada awal 1860-an, orang Prancis Pierre Michaux dan Pierre Lallement mengambil desain sepeda ke arah yang baru dengan menambahkan penggerak engkol mekanis dengan pedal pada roda depan yang diperbesar (velocipede). Ini adalah yang pertama dalam produksi massal. Penemu Prancis lainnya bernama Douglas Grasso memiliki prototipe sepeda Pierre Lallement yang gagal beberapa tahun sebelumnya.

Beberapa penemuan diikuti dengan menggunakan penggerak roda belakang, yang paling terkenal adalah velocipede yang digerakkan oleh batang oleh orang Skotlandia Thomas McCall pada tahun 1869. Pada tahun yang sama, roda sepeda dengan jari-jari kawat dipatenkan oleh Eugène Meyer dari Paris.

Vélocipède Prancis, terbuat dari besi dan kayu, berkembang menjadi “penny-farthing” (secara historis dikenal sebagai “sepeda biasa”, sebuah retronim, karena saat itu tidak ada jenis lain). Ini menampilkan rangka baja berbentuk tabung yang dipasangi roda berjari kawat dengan ban karet padat. Sepeda ini sulit dikendarai karena tempat duduknya yang tinggi dan distribusi berat yang buruk.

See also  Jembatan George Washington

Pada tahun 1868 Rowley Turner, seorang agen penjualan Perusahaan Mesin Jahit Coventry (yang segera menjadi Perusahaan Machinists Coventry), membawa sepeda Michaux ke Coventry, Inggris. Pamannya, Josiah Turner, dan mitra bisnis James Starley, menggunakan ini sebagai dasar untuk ‘Model Coventry’ di pabrik sepeda pertama di Inggris.

Kurcaci biasa mengatasi beberapa kesalahan ini dengan mengurangi diameter roda depan dan mengatur kursi lebih jauh ke belakang. Ini, pada gilirannya, memerlukan persneling—dipengaruhi dalam berbagai cara—untuk menggunakan tenaga pedal secara efisien.

Harus mengayuh dan menyetir melalui roda depan tetap menjadi masalah. Inggris J.K. Starley (keponakan James Starley), J.H. Lawson, dan Shergold memecahkan masalah ini dengan memperkenalkan penggerak rantai (berasal dari “sepeda” Inggris Henry Lawson yang gagal), menghubungkan engkol yang dipasang di bingkai ke roda belakang.

Model-model ini dikenal sebagai sepeda pengaman, pengaman kerdil, atau sepeda tegak karena ketinggian tempat duduk yang lebih rendah dan distribusi berat yang lebih baik, meskipun tanpa ban pneumatik, pengendaraan sepeda beroda lebih kecil akan jauh lebih kasar daripada sepeda beroda lebih besar. Starley’s 1885 Rover, diproduksi di Coventry biasanya digambarkan sebagai sepeda modern pertama yang dikenali.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.